Kamis, 02 Februari 2012

Jubah Penghilang 3 Dimensi


Penciptaan jubah gaib yang dapat menghilangkan objek seperti pada film Harry Potter mulai menunjukkan titik terang. University of Texas (UT), Amerika Serikat, untuk pertama kalinya mampu membuat objek menjadi tidak terlihat dalam perspektif tiga dimensi. Artinya, walaupun dari berbagai sudut pandang, objek yang dikenakan jubah itu akan tidak terlihat oleh mata.

Penemuan ini cukup mengejutkan, karena selama ini trik menggunakan metamaterial hanya memungkinkan untuk membuat objek menghilang dalam sudut pandang dua dimensi. Tim dari UT menggunakan metode yang berbeda untuk menghilangkan objek secara tiga dimensi, yaitu dengan plasmonic cloaking. 

Plasmonic merupakan bahan yang sama sekali berbeda dengan bahan-bahan yang selama ini ada. Bahan biasa akan memantulkan cahaya dan menusuk mata hingga benda itu dapat terlihat, namun plasmonic akan menghamburkan cahaya dan membuat benda transparan dari segala sudut.

Untuk sekarang, tim UT hanya menggunakan microwave sebagai ruang observasi benda yang dilapisi plasmonic tersebut. Tim UT belum mencoba penggunaan plasmonic di ruang terbuka. Jika percobaan berikutnya berhasil, maka manusia dapat membuat benda apapun menghilang dari pandangan.

(popsci)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar